Skip to main content

Pertanyaan pilihan ganda tentang Pendidikan Pancasila


PERTANYAAN BAB 1
“PENGANTAR PENDIDIKAN PANCASILA”

1.      Undang-Undang yang menyebutkan bahwa kurikulum nasional setiap perguruan tinggi wajib menyelenggarakan mata kuliah agama, pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa indonesia adalah

a.       UU No. 20 tahun 2002                             c. UU No 12 tahun 2003
b.      UU No. 12 tahun 2012                            d. UU No 11 tahun 2012

2.      Student Active Learning merupakan strategi pengembangan metode pembelajaran pendidikan pancasila yang berbasis kompetensi. Dibawah ini yang tidak termasuk metode pendekatan Student Active Learning adalah

a.       Studi kasus                                                            c. Debat
b.      Permainan                                                             d. Menghapal

3.      Dibawah ini yang  bukan merupakan pernyataan benar terkait dengan dasar yuridis adalah

a.       Pancasila sebagai norma dasar negara seperti yang tertuang dalam UUD 1945
b.      Nilai-nilai Pancasila dari segi implementasi terdiri atas nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis
c.       Pancasila itu diambil dari nilai-nilai yang sejak lama hadir dalam masyarakat Nusantara
d.      Peraturan perundang-undangan ke tingkat yang lebih rendah pada esensinya merupakan pelaksanaan dari nilai dasar Pancasila

4.      Beberapa alasan kalangan mahasiswa tidak menyukai mata kuliah kepribadian (MPK), Kecuali

a.       Mata kuliah tersebut bukan mata kuliah sesuai dengan bidang studi mereka
b.      Materinya tidak up to date, hanya mengulang apa yang pernah dipelajari
c.       Materinya terlalu menitikberatkan pada sejarah
d.      Metode pembelajarannya tidak variatif dan inofatif sehingga membosankan


5.      Yang bukan merupakan capaian pembelajaran pancasila ialah

a.      Memiliki sifat individual
b.      Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan masyarakat.
c.       Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalahdan memberi solusi berdasarkan nilai-nilai pancasila
d.      Memiliki karakter ilmuan dan professional pancasilais yang memiliki komitmen

6.      Nilai-nilai yang dirumuskan dalam Pancasila diambil dari nilai-nilai yang sejak lama hadir dalam masyarakat Nusantara, dibawah ini yang bukan merupakan ciri dari nilai pancasila ialah

a.       mengandung nilai-nilai dasar filsafat (philosophische grondslag)
b.      mengandung nilai jiwa bangsa (volksgeist) atau jati diri bangsa (innerself of nation)
c.       mengandung nilai budaya leluhur
d.      mengandung nilai cara hidup (way of life) bangsa Indonesia yang sesungguhnya

7.      Dibawah ini yang merupakan pernyataan yang benar mengenai dasar sosiologis adalah

a.      Bangsa Indonesia yang plural membutuhkan ideologi pemersatu yaitu Pancasila.
b.      Rumusan tentang Pancasila tidak muncul dari sekedar pikiran logis-rasional, tetapi digali dari akar budaya masyarakat bangsa Indonesia sendiri.
c.       Sila-sila Pancasila yang tertuang dalam Pembukaan UUD Tahun 1945 secara filosofis-sosiologis berkedudukan sebagai Norma Dasar Indonesia.
d.      Perangkat peraturan perundang-undangan dikenal sebagai nilai instrumental Pancasila.

8.      Pentingnya Pancasila diselenggarakan di perguruan tinggi yaitu untuk menanamkan nilai-nilai moral Pancasila kepada generasi penerus cita-cita bangsa.Nilai-nilai tersebut, kecuali

a.       Kesadaran guna hidup sederhana dan cinta produk dalam negeri
b.      Kesadaran pentingnya semangat kesatuan persatuan (soliditas) nasional
c.       Kesadaran akan pentingnya sikap individual
d.      Kesadaran tentang pentingnya penegakan hukum

9.      Dalam pembelajaran pendidikan Pancasila terdapat empat pilar pendidikan menurut UNESCO yang menjadi salah satu rujukan dalam prosesnya, kecuali
a.    learning to know
b.    learning to do
c.    learning to live together
d.    learning to get

10.  Metode pendekatan student active learning dimana mahasiswa melakukan tugas individu kemudian berpasangan. Dari pasangan tersebut kemudian mencari pasangan yang lain sehingga semakin lama anggota kelompok semakin besar disebut

a.       Tugas kelompok                                        c. Diskusi
b.      Bola salju menggelinding                        d. Debat



Comments

Popular posts from this blog

Teks Cerita Sejarah Pribadi

Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dimasa lalu. Teks Cerita Sejarah Pribadi adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dari kecil hingga sekarang. Perbedaan Teks Sejarah Pribadi dengan Biografi: kalau Biografi itu ditulis oleh orang lain yang biasanya pada saat yang bersangkutan telah tiada Sedangkan Teks cerita sejarah pribadi ditulis oleh orang yang mengalami kejadian tersebut. Perbedaan dengan Pengalaman: jika pengalaman hanya menceritakan satu kejadian saja sedangkan teks pribadi hampir semua yang terjadi. Di bawah ini adalah contoh teks cerita Sejarah Pribadi. Namaku Fatimah Az-zahrah, aku biasa dipanggil dengan sebutan Fatimah, aku anak ketiga dari tiga bersaudara.Aku terlahir dari keluarga yang sederhana.Sekarang aku bersekolah di SMAN 1..... Sebelum aku menemukan kebahagian hidupku banyak hal-hal buruk dan menyedihkan yang kuhadapi, jika ada orang yang mengatakan bahwa kehidupanku sel

Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha

MODUL PERKULIAHAN HUKUM BISNIS DAN LINGKUNGAN   Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha Modul Standar untuk digunakan dalam Perkuliahan di Universitas Mercu Buana Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Ekonomi dan Bisnis Akuntansi 0 1 F041700009 Hefti Juliza (43217010143) Abstract : Kompetensi Pendahuluan Mahasiswa mampu menjelaskan Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha Pembahasan Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan pengertian perusahan, maka u