Skip to main content

Kasus Enron dan KAP Arthur Andersen (kasus akuntansi yang paling memalukan) etik profesi



Enron merupakan perusahaan dari penggabungan antara InterNorth (penyalur gas alam melalui pipa) dengan Houston Natural Gas. Kedua perusahaan ini bergabung pada tahun 1985. Enron didirikan oleh Kenneth Lay. Bisnis inti Enron bergerak dalam industri energi, kemudian melakukan diversifikasi usaha yang sangat luas bahkan sampai pada bidang yang tidak ada kaitannya dengan industri energi. Diversifikasi usaha tersebut, antara lain meliputi future transaction, trading commodity non energy dan kegiatan bisnis keuangan. Kasus Enron mulai terungkap pada bulan Desember tahun 2001 dan terus menggelinding pada tahun 2002 yang berimplikasi sangat luas terhadap pasar keuangan global yang di tandai dengan menurunnya harga saham secara drastis berbagai bursa efek di belahan dunia, mulai dari Amerika, Eropa, sampai ke Asia.
kebangkrutan Enron disebabkan terganggunya proses bisnis akibat credit rating perusahaan menurun pada November 2001. Sebagai perusahaan trading,Enron membutuhkan rating nilai investasi untuk melakukan perdagangan dengan perusahaan lain. Tidak ada nilai yang baik, maka tidak akan ada perdagangan. Terjadinya penurunan nilai rating investasi perusahaan disebabkan hutangnya yang terlalu besar, yang sebelumnya tidak tercatat dalam neraca (off balance sheet) kemudian diklasifikasikan ulang sehingga tercatat dalam neraca (on balance sheet). Klasifikasi ulang dilakukan karena terdapat banyak special purpose entity (SPEs) dan kerjasama yang tidak tercatat dalam neraca yang memiliki banyak hutang. Sehingga terjadi ketidakcocokan saat dilakukan konsolidasi ulang yang kemudian menyebabkan nilai ekuitas perusahaan jatuh.
Kasus Enron melibatkan kantor akuntansi publik Arthur Andersen dalam hal ini Kap Arthur Anderson melaksanakan 2 tugas sekaligus yakni sebagai auditor eksternal yang harusnya memberikan penilaian kewajaran atas laporan keuangan juga sebagai konsultan manajemen. Sehinngga, Kap Arthur Anderson tidak independen dalam penugasan.Manajemen Enron melakukan window dressing dengan cara menaikkan pendapatannya senilai US $ 600 juta dan menyembunyikan utangnya sebesar US $ 1,2 miliar dengan teknik off-balance sheet.Manajemen enron mendirikan hingga 90 perusahaan diluar enron untuk mengalihkan hutang-hutang enron.
Pada tanggal 16 Oktober 2001, Enron menerbitkan laporan keuangan triwulan ketiga. Dalam laporan itu disebutkan bahwa laba bersih Enron telah meningkat menjadi $393 juta, naik $100  juta dibandingkan periode sebelumnya. CEO Enron, Kenneth Lay, menyebutkan bahwa Enron secara berkesinambungan memberikan prospek yang sangat baik. Ia juga tidak menjelaskan secara rinci tentang pembebanan biaya akuntansi khusus (special accounting charge/expense) sebesar $1 miliar yang sesungguhnya menyebabkan hasil aktual pada periode tersebut menjadi rugi $644 juta. Para analis dan reporter kemudian mencari tahu lebih jauh mengenai beban $1 miliar tersebut dan ternyata berasal dari transaksi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh CFO Enron.
Pada tanggal 2 Desember 2001 Enron mendaftarkan kebangkrutan perusahaan ke pengadilan dan memecat 5000 pegawai. Pada saat itu terungkap bahwa terdapat hutang perusahaan yang tidak di laporkan senilai lebih dari satu milyar dolar. Dengan pengungkapan ini nilai investasi dan laba yang di tahan (retained earning) berkurang dalam jumlah yang sama. Arthur Andersen kantor Huston dipersalahkan karena ikut membantu proses rekayasa laporan keuangan selama bertahun-tahun dan melakukan pemusnahan ribuan surat elektronik serta dokumen lainnya yang berhubungan dengan audit Enron. KAP Andersen diberhentikan sebagai auditor enron pada pertengahan juni 2002. sementara KAP Andersen menyatakan bahwa penugasan Audit oleh Enron telah berakhir pada saat Enron mengajukan proses kebangkrutan pada 2 Desember 2001.
Tanggal 28 Pebruari 2002 KAP Andersen menawarkan ganti rugi 750 Juta US dollar untuk menyelesaikan berbagai gugatan hukum yang diajukan kepada KAP Andersen.

Comments

Popular posts from this blog

Teks Cerita Sejarah Pribadi

Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dimasa lalu. Teks Cerita Sejarah Pribadi adalah teks yang berisi atau menjelaskan peristiwa atau kejadian fakta dari kecil hingga sekarang. Perbedaan Teks Sejarah Pribadi dengan Biografi: kalau Biografi itu ditulis oleh orang lain yang biasanya pada saat yang bersangkutan telah tiada Sedangkan Teks cerita sejarah pribadi ditulis oleh orang yang mengalami kejadian tersebut. Perbedaan dengan Pengalaman: jika pengalaman hanya menceritakan satu kejadian saja sedangkan teks pribadi hampir semua yang terjadi. Di bawah ini adalah contoh teks cerita Sejarah Pribadi. Namaku Fatimah Az-zahrah, aku biasa dipanggil dengan sebutan Fatimah, aku anak ketiga dari tiga bersaudara.Aku terlahir dari keluarga yang sederhana.Sekarang aku bersekolah di SMAN 1..... Sebelum aku menemukan kebahagian hidupku banyak hal-hal buruk dan menyedihkan yang kuhadapi, jika ada orang yang mengatakan bahwa kehidupanku sel

Pertanyaan pilihan ganda tentang Pendidikan Pancasila

PERTANYAAN BAB 1 “PENGANTAR PENDIDIKAN PANCASILA” 1.       Undang-Undang yang menyebutkan bahwa kurikulum nasional setiap perguruan tinggi wajib menyelenggarakan mata kuliah agama, pancasila, kewarganegaraan, dan bahasa indonesia adalah a.        UU No. 20 tahun 2002                              c. UU No 12 tahun 2003 b.       UU No. 12 tahun 2012                             d. UU No 11 tahun 2012 2.       Student Active Learning merupakan strategi pengembangan metode pembelajaran pendidikan pancasila yang berbasis kompetensi. Dibawah ini yang tidak termasuk metode pendekatan Student Active Learning adalah a.        Studi kasus                                                             c. Debat b.       Permainan                                                              d. Menghapal 3.       Dibawah ini yang   bukan merupakan pernyataan benar terkait dengan dasar yuridis adalah a.        Pancasila sebagai norma dasar negara seperti yang tertuang dala

Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha

MODUL PERKULIAHAN HUKUM BISNIS DAN LINGKUNGAN   Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha Modul Standar untuk digunakan dalam Perkuliahan di Universitas Mercu Buana Fakultas Program Studi Tatap Muka Kode MK Disusun Oleh Ekonomi dan Bisnis Akuntansi 0 1 F041700009 Hefti Juliza (43217010143) Abstract : Kompetensi Pendahuluan Mahasiswa mampu menjelaskan Aspek Hukum Bentuk Badan Usaha Pembahasan Setiap perusahaan dalam melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan pengertian perusahan, maka u